Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang di Internet Akhirnya Diungkap... Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup untuk Menghasilkan Uang Melimpah dari Internet...

Selasa, 04 November 2008

Blok Situs Terlarang

Dengan fitur webfilter Anda bisa membatasi situs yang haram dijamabh. Fitur lain adalah selain bisa membatasi url juga content yang bisa diakses dengan hanya beberapa klik saja.
Saat ini makin banyak pemberitaan miring tentang kegunaan internet untuk kalangan muda. Banyaknya akses ke situs porno hingga banyaknya content yang dapat memberi pengaruh jelek terhadap perkembangan jiwa remaja. Salah satunya adalah video yang memojokkan agama Islam yang dibuat oleh salah satu politisi Belanda.

Video yang beredar bebas di internet melalui berbagai penyedia layanan streaming video semacam youtube sangat tak bermoral dan dapat menimbulkan kebencian dan persepsi yang salah terhadap salah satu agama. Sebagai tindakan preventif terhadap fenomena di atas, pemerintah giat melaksanakan perang terhadap content yang dapat merusak mental anak muda negeri ini. Salah satunya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan pemblokiran terhadap akses menuju situs terlarang tersebut.

Akan tetapi keamanan dari sisi hulu saja tak cukup dikarenakan banyaknya akses menuju jalur internet bisa melalui link yang tidak terpusat di satu provider. Kecuali pemerintah mau menerapkan suatu peraturan tertulis yang bisa membuat provider membatasi akses internet. Salah satu cara efektif memproteksi keluarga dan orang-orang terdekat adalah dengan menerapkan sistem pembatasan akses tersebut di lingkungan kita dengan memasang proxy server.

Sebenarnya proxy dibangun untuk meningkatkan performansi jaringan internet di sisi pengguna dengan kemampuan web-cache, yaitu menyimpan content dari suatu website. Fitur lain yang bisa digunakan dalam proxy server dalam konteks pembatasan terhadap situs terlarang adalah fitur access list. Dengan fitur ini kita bisa membatasi situs apa yang terlarang untuk diakses atau kata-kata yang tidak boleh bersarang di url dari situs yang akan diakses.

Beberapa perangkat lunak yang sering dijadikan jujugan dalam membangun proxy server adalah squid. Perangkat lunak ini terkenal andal dalam fungsinya sebagai proxy server, akan tetapi karena bekerja pada sistem operasi linux, perangkat ini sulit diaplikasikan awam atau orangtua yang ingin membatasi akses terlarang untuk diakses keluarga.

Alternatif lain adalah menggunakan perangkat lunak dengan platform windows yang berbasis user interface yang mudah dimengerti oleh awam. CCproxy dapat digunakan sebagai solusi di rumah untuk pengguna awam. Dengan tampilan yang mudah dimengerti serta fitur sederhana tetapi cukup lengkap sesuai kebutuhan dapat membantu membatasi akses ke situs terlarang.

Dengan fitur webfilter Anda bisa membatasi situs yang haram untuk diakses. Fitur lain adalah selain bisa membatasi url Anda juga membatasi content yang bisa diakses dengan hanya beberapa klik tanpa membutuhkan pengetahuan mendalam tentang ilmu jaringan komputer. Dengan proses instalasi yang cukup mudah diharapkan perangkat lunak ini dapat membantu membatasi akses terhadap situs yang haram dirambah.

Tips Instalasi dan Konfigurasi Ccproxy:

1.Lakukan instalasi dengan menjalankan file installer dari ccproxy.
2.Jalankan fitur instalasi secara default dan pastikan ccproxy telah terinstall dalam komputer.
3.Bila instalasi berhasl jalankan ccproxy dan masuk ke menu utama ccproxy, lalu pilih menu option.
4.Dari menu ini Anda bisa menentukan port yang akan digunakan proxy server. Catat baik-baik setting port Anda mengingat nomer port inilah yang nantinya akan digunakan user untuk terkoneksi dengan proxy.

5.Selanjutnya masuk ke menu account dan pilih permit only untuk menentukan rule yang Anda lakukan. Dari Menu ini Anda bisa memulai membatasi akses, mulai dari situs yang diharamkan, pengawasan terhadap url atau isi website. Untuk daftar situs terlarang harus dimasukkan dalam sebuah file teks dengan tiap situs dengan batasan koma untuk tiap situsnya.

Untuk setting pada client Anda bisa masukkan ip address dari proxy Anda di web browser jika terhubung di jaringan lokal (ex:192.168.0.1). Atau Anda bisa memasukkan alamat localhost atau ip address 127.0.01 jika komputer Anda berperan ganda baik sebagai proxy server dan klien. Jika menggunakan internet explorer Anda bisa masuk ke tools -internet connection - connection - LAN setting lalu pilih opsi user a proxy server for your LAN. Selamat Mencoba. hBa